Minggu, 16 Februari 2014

Late post - Pengalaman setelah lulus SMA

Niat ngeblog itu masih ada, lebih baik direalisasikan :)
Belum lama gue baru lulus SMA di Jakarta, sekarang gue ngelanjutin pendidikan yang lebih tinggi lagi, di Surabaya. Entah mengapa gue bisa nyasar di tempat ini. Tapi gue akuin, awalnya gue ragu untuk kuliah disini. Terutama dari faktor orang tua. Awalnya mereka menolak buat gue kuliah jauh-jauh. Beribu-ribu alasan mereka lontarkan untuk mencegah gue kuliah jauh. Emang dari awal kelas 3 SMA orang tua gue udah ngasih peringatan kalau gak bakal ngizinin gue buat kuliah jauh dari rumah.

Tapi kenyataan berkata berbeda, orang tua gue akhir nya luluh sama keegoisan kemauan gue buat kuliah di Surabaya. Emang gue bukan orang yang terlalu patuh sama orang tua untuk masalah keputusan, tapi gue berusaha buat ngeyakinin mereka kalo gue bisa jaga diri disini.

Jujur, awalnya gue yakin gue bakal dapet kuliah di Bogor karena dilihat dari nilai-nilai try out SBMPTN gue gak mungkin bisa diterima di kampus di Surabaya ini (di pilihan pertama). Gue sempet les, guru-guru les gue ngasih saran untuk pilihan di SBMPTN itu :
- Pilihan pertama : mimpi
- Pilihan kedua : bisa
- Pilihan ketiga : pasti

Jadi gue mem-fix-kan pilihan gue di pilihan kedua, yaitu kampus di Bogor. Sebenernya gue 2x daftar SBMPTN, pendaftaran pertama gue pilih pilihan pertama di Bandung, kedua di Malang, dan ketiga di Jakarta. Trus kena omel sama guru les dan disuruh daftar lagi (katanya pilihan gue terlalu berbahaya -_-). Karena "mental ngikutin saran orang" gue saat itu masih kuat, gue ikutin deh saran mereka. Jadi gue ganti pilihan pertama di Surabaya, kedua di Bogor, ketiga di Jakarta. Untuk pendaftaran SBMPTN yang kedua ini, gak gue kasih tau sama siapa-siapa karena gue takut "mental ngikutin saran orang" gue kambuh lagi. Dan, entah lembar jawaban gue yang error atau otak gue yang error saat tes, gue ternyata diterima di pilihan pertama, di Surabaya.

Saat turunnya pengumuman itu, gue langsung bingung. Gue langsung kepikiran ke orang tua. "Mampus ini gimana katanya pilihan pertama gak bakal dapet" gerutu gue dalem hati. Kenapa gue nekat seperti itu? Bukannya gue egois dan kesannya memaksa, tapi di organisasi gue di SMA (sispala ._.), gue diajarin untuk punya pilihan sendiri buat hidup, punya keberanian untuk menghancurkan "mental block" di dalam diri, karena kitalah dalang untuk kehidupan kita sendiri. ditambah juga karena banyak oknum yang ngeyakinin gue kalau gue gak bakal mungkin dapet univ di pilihan pertama (di Bandung dan di Surabaya). Jadi gue pilih aja univ di Bandung dan di Surabaya, lumayan kan buat nambah-nambah pilihan di SBMPTN gue. 

Mau tau kesan orang tua gue saat gue kasih tau kalau gue dapet yang di Surabaya? Mereka shock dan bingung gak tau harus gimana lagi. Gue juga kasian kan sama mereka kalau ternyata harapan mereka gak sebanding sama kenyataan yang ada. Sempet gue bilang ke mereka, "Gapapa kok ma, pak kalau gak diambil SBMPTN nya, yahya masih punya cadangan beasiswa kok di univ swasta di Jakarta." Abis gue ngomong itu, gue langsung ke kamar. Dua jam kemudian (kayaknya orang tua mikir gue udah tidur padahal gue lagi asik nonton film) terdengarlah suara ribut di ruang keluarga. Gue yakin sih mereka ngomongin masalah gue bakal kuliah di Surabaya karena gue sempet nguping sedikit pembicaraan mereka :/

Keesokan harinya, gue dipanggil sama orang tua gue untuk membahas masalah tempat kuliah ini. Beberapa jam lamanya gue diguyur nasihat-nasihat ala orang tua. Akhirnya gue dikasih keputusan kalau gue boleh ambil kuliah di Surabaya. Gue langsung lompat guling-guling bernafas lega saat keputusan itu datang. Dan setelah kejadian itu, gue langsung berjanji ke diri sendiri bahwa gue harus bener-bener bikin bangga orang tua saat gue lulus nanti.

Alhamdulillah, sekarang gue udah memasuki semester ke dua di kampus ini. Sayangnya gue masih bingung mau jadi apa setelah lulus nanti padahal dari kelas 2 SMP, gue udah megang cita-cita gue buat kuliah di jurusan ini dan bakal mau jadi apa setelah lulus nanti (entah karena bertambahnya interest akan sesuatu atau emang belum saatnya gue memikirkan hal tersebut). "Let it flow aja". Gue harap semakin bertambahnya ilmu disini, semakin terlihat jalan sebenernya gue mau kemana setelah lulus nanti. Apakah sesuai dengan apa yang gue mau dulu, atau ada jalan yang lebih baik lagi yang tuhan berikan buat gue. Kita lihat saja nanti :)

2 komentar :