Minggu, 22 Juni 2014

Coretan di Tahun Pertama Kuliah

"Jadi mahasiswa itu enak. Serasa dunia milik kita sendiri."
Gue bisa pastiin kalimat di atas ada benarnya. Soalnya gue ngerasain sendiri bahwa kuliah itu enak. Bebas. Entah gue doang atau emang semua ngerasain bebasnya jadi mahasiswa. Bebas yang gue maksud disini adalah kita bisa ngelakuin apa aja yang kita mau, apa aja yang kita suka sesuai dengan kemauan dan kemampuan kita sendiri tanpa ada halangan berarti dari orang-orang sekitar. Dengan syarat, kita harus bertanggung jawab penuh dengan apapun yang kita lakukan setiap waktu menjadi mahasiswa.

Ngomong-ngomong soal kuliah, gue mau sedikit berbagi cerita tentang masa-masa perkuliahan tahun pertama gue di kampus gue tercinta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Walaupun gak se-wah Institut yang ada di Bandung, gue harus tetap bersyukur karena gue masih dikasih kesempatan buat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. Apalagi gue kuliah jauh dari kampung halaman gue, Jakarta (sekitar 780an km jaraknya kalau ke Surabaya).


Oke kembali ke topik awal. Selama masa perkuliahan gue di tahun pertama ini, banyak banget hal-hal yang gue alamin. Suka, duka, senang, sedih, jatuh cinta, patah hati, bahkan kangen mantan semua gue rasain disini. Apa karena gue yang gampang beradaptasi, atau ada hal lain yang membuat gue kerasan disini (suasana, teman-teman, dll).

Coretan pertama gue di kampus perjuangan ini adalah "masa-masa pengaderan" (semacam orientasi mahasiswa baru). Masa-masa dimana mahasiswa baru di ITS belajar mengenai apa aja yang dibutuhkan oleh seorang yang notabanned nya baru beralih dari siswa menjadi mahasiswa seutuhnya. Kami semua (mahasiswa baru) dibekali banyak hal-hal yang bermanfaat sekarang atau pun untuk kedepannya nanti. Pelatihan spiritual, penanaman pemahaman tentang mahasiswa, peran dan fungsi mahasiswa yang sebenarnya, dan banyak lagi (yang kebanyakan melatih softskill para mahasiswa baru).

Pengaderan di ITS itu banyak jenisnya. Ada pengaderan institut (seluruh mahasiswa baru menjadi satu), pengaderan fakultas, sampai yang paling lama dan intens adalah pengaderan jurusan. Kenapa pengaderan jurusan paling lama? Karena pengaderan jurusan udah menjurus ke keprofesian masing-masing jurusan di ITS dan salah satu tujuan dari sekian banyak tujuan pengaderan di jurusan adalah diangkatnya mahasiswa baru menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Berbagai oprec kepanitiaan juga gue ikutin. Tapi hanya beberapa acara yang menerima "seekor" gue di dalam kepanitiaannya. Pasar Malam Minggu ITS, ITS JAZZ #2 (belum jalan lagi), ITS Astronomy Club Goes to Bandung dan Young Engineers & Scientists SUMMIT 2014. Gue juga ikut nimbrung kegiatan sosial dengan menjadi volunteer di divisi sosmas nya BEM ITS (walaupun gue kebanyakan gak kerja disini karena banyak bentrok dengan acara di jurusan dan kepanitiaan lainnya).



Bertemu dengan orang-orang baru, berbagi pengalaman satu sama lain, merasakan sense yang berbeda dari berbagai divisi kepanitiaan yang gue ambil, adalah beberapa hal yang gue dapetin ketika ikut kepanitiaan acara kampus. Dan.. karena hal ini juga, membuat gue tidak sadar mengesampingkan sedikit akademik gue yang seharusnya paling penting gue urus di perkuliahan ini. Not bad. Kesalahan gue juga. Membuat gue lebih sadar lagi untuk mengatur prioritas dalam menjalani segala aktivitas sehari-hari gue selama menjadi mahasiswa.

Gue rasa segitu aja yang bisa gue ceritain. Sebenernya masih banyak banget hal-hal yang gue alamin selama perkuliahan di tahun pertama ini (ulang tahun ke-18, nyasar-nyasar di Surabaya, keliling ITS dini hari karena main game hp, pengalaman mencekam di asrama mahasiswa, pulang ke Jakarta naik kapal laut, jalan-jalan ke Tuban dan Malang, dll). Dari kesekian banyak pengalaman tersebut, yang ditulis disini lah yang menurut gue paling banyak kesan dan pesan yang bisa di ambil manfaatnya untuk diri gue dan orang banyak.

Sekali lagi, terima kasih untuk semua yang udah merelakan tinta merah kuning hijau kehidupannya dicoret di kertas kosong kehidupan gue selama satu tahun gue di tempat ini. Salam!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar